.gradient { background: -webkit-gradient(linear, left top, left bottom, color-stop(0, #fafafa), color-stop(1, #f5f5f5)); } - See more at: http://www.seoterpadu.com/2015/01/7-cara-mempercantik-tampilan-blog.html#sthash.3B05lUGi.dpuf

Kamis, 05 Mei 2016

Makanan Khas

Mie kuah ikan
Mie ikan Bangka memang dikenal sebagai salah satu kuliner khas daerah ini. Mie ikan Bangka yang saat ini sedang populer adalah mie Koba. Padahal, ada mie ikan jenis lain yang tak kalah lezat dari mie Koba, yakni mie ikan Toboali. Sebagaimana namanya, mie ikan ini berasal dari Toboali di Bangka Selatan. Orang-orang boleh berduyun-duyun membeli mie Koba yang memang lebih mudah ditemui di Pangkalpinang, ibukota Kepulauan Bangka Belitung, tanpa harus susah payah pergi ke Koba di Bangka Tengah. Saya juga salah seorang yang gemar makan mie ikan Bangka. Namun, tidak seperti orang kebanyakan, saya justru lebih menyukai cita rasa mie ikan Toboali.

Saat terakhir pulang ke Pulau Bangka beberapa waktu yang lalu, mie ikan Toboali memang hanya bisa ditemui di Toboali di Bangka Selatan. Belum ada penjual yang membuka cabang di Pangkalpinang. Meskipun demikian, warung-warung mie ikan ini selalu ramai diserbu warga. Padahal di Toboali, ada beberapa warung mie ikan, namun tetap saja semuanya sesak dengan warga yang ingin menikmati kuliner khas Pulau Bangka ini. Ada beberapa perbedaan yang membuat saya lebih menyukai mie ikan Toboali dibandingkan mie ikan Koba, meskipun keduanya mie kuah ikan yang sama-sama berasal dari Pulau Bangka. Pertama, mie ikan Toboali rasanya tak semanis mie ikan Koba. Maklum, lidah saya kurang cocok dengan makanan manis. Selanjutnya, tidak seperti mie ikan Koba, mie ikan Toboali disajikan dengan potongan daun bawang yang membuat rasa mie semakin lezat saja. Terakhir, dan ini istimewanya mie ikan Toboali, mie ikan ini bisa dinikmati dicampur dengan sate ikan khas daerah sini.
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar